Presiden Afrika Selatan Ajak Ilmuwan Negara BRICS Gabung Pelajari Covid-19

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa telah mengundang para ilmuwan dari negara negara anggota BRICS, mengunjungi negaranya dan mempelajari virus corona (Covid 19) dan mutasinya dengan ilmuwan lokal. Seperti disampaikan Kantor Kepresidenan negara itu dalam sebuah pernyataan. "Presiden Cyril Ramaphosa telah mengundang para ilmuwan dari sesama negara BRICS, Brazil, Rusia, India, dan China untuk bekerja bersama para ilmuwan Afrika Selatan dalam meneliti lebih lanjut berbagai karakteristik virus Covid 19 dan mutasinya," kata kantor itu.

Dikutip dari laman Sputnik News, Sabtu (11/12/2021), kerja sama ini berlangsung dalam rangka pendirian Pusat Penelitian dan Pengembangan Vaksin BRICS dalam format virtual. Sebelumnya, selama pertemuan darurat pada 26 November lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan varian baru Covid 19 ini sebagai 'varian yang menjadi perhatian' dan menyebutnya dengan nama Omicron. Varian ini kali pertama diidentifikasi di Afrika Selatan dan kini telah menyebar ke seluruh dunia karena semakin banyak negara yang melaporkan kasus Omicron.

Penyebaran varian ini pun mendorong banyak negara untuk menutup perbatasan mereka bagi orang asing yang datang dari kawasan Afrika, terlepas dari apakah mereka memegang sertifikat vaksinasi, telah pulih dari Covid 19 atau memiliki hasil tes negatif.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.