Mengetahui Kelebihan Menggunakan Aplikasi Komputer Akuntansi

Aplikasi komputer akuntansi bisa membantu perusahaan dalam mengelola keuangan. Terdiri atas dua versi yakni versi online dan offline. Keduanya sama sama memberi manfaat besar terhadap perusahaan, dan perusahaan tinggal memilih aplikasi mana yang memang dirasa paling tepat untuk digunakan dan mampu memenuhi kebutuhan dalam waktu cepat.

Meskipun begitu, penting bagi pengusaha atau pebisnis untuk mengetahui perbedaan kedua aplikasi tersebut. Berikut ini adalah beberapa perbedaan mencolok mengenai aplikasi untuk menghitung keuangan perusahaan ini: Sesuai dengan namanya, software yang satu ini memerlukan bantuan jaringan internet agar aplikasi tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Karena itulah, penting untuk berada di tempat yang mampu menunjang jaringan internet sehingga tidak perlu waktu terlalu lama untuk melakukan pengecekan mengenai keuangan perusahaan. Aplikasi yang satu ini sudah menerapkan sebuah teknologi yang berbasis cloud system. Sistem teknologi ini juga biasanya lebih dikenal dengan aplikasi komputer akuntansi online, salah satu contoh yang paling terkenal tentu saja aplikasi Jurnal by Mekari.

Dengan teknologi tersebut, Anda dapat mengakses data akuntansi secara bebas. Bahkan meskipun Anda berada pada tempat yang sibuk seperti di area publik, asalkan memiliki jaringan internet maka Anda bisa mengetahui data akuntansi tersebut secara realtime atau up to date. Karena itulah, banyak perusahaan yang mulai mengincar keberadaan aplikasi yang satu ini.

Bisa dibilang, salah satu kelebihan utama yang dimiliki oleh software ini terletak pada kemudahannya yang mampu membantu pebisnis pemula dalam mengaksesnya. Lalu, Anda pun bisa menggunakan aplikasi ini tanpa harus melakukan instalasi pada perangkat, dan ukuran aplikasinya pun tidak memerlukan spesifikasi yang terlalu tinggi. Berbeda dengan software akuntansi online, software yang satu ini tidak perlu mengunjungi web yang ada di internet sebab software ini sudah terpasang secara permanen pada komputer.

Karena itu, tanpa menggunakan bantuan internet pun Anda tetap bisa menggunakan aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini mampu menghasilkan performa yang optimal sebab sudah disesuaikan dengan spesifikasi perangkat keras yang ada di komputer. Dengan begitu, maka aplikasi ini kemungkinan besar bisa berjalan dengan lebih lancar tanpa terkendala oleh gangguan apapun.

Akan tetapi, aplikasi offline ini tidak bisa diakses dari jarak yang cukup jauh ketika harus mengambil database atau ingin melakukan pengawasan mengenai proses keuangan yang sedang berjalan. Karena itulah, aplikasi ini kurang cocok untuk digunakan kepada pebisnis yang terlalu banyak melakukan perjalanan bisnis. Manfaat Aplikasi Komputer Akuntansi yang Paling Efektif

Setelah mengetahui perbedaan antara aplikasi akuntansi online dan offline, maka sudah pasti kita harus turut serta untuk membahas mengenai kelebihan aplikasi akuntansi ini. Ada begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan aplikasi akuntansi, diantaranya adalah: Data yang dimiliki oleh perusahaan, terlebih data keuangan adalah salah satu hal paling penting yang harus dijaga dengan ketat dan tidak boleh bocor pada pihak manapun.

Penting untuk menggunakan aplikasi keuangan yang tepat sehingga data tersebut tetap terjaga di dalam tempat yang aman. Karena hal itulah, aplikasi komputer akuntansi menjadi pilihan alternatif paling sempurna untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sebab, aplikasi ini sangat bermanfaat untuk perusahaan dan proses berbisnis.

Data keuangan akan disimpan secara otomatis ke dalam server yang sangat aman sehingga risiko pencurian data atau kehilangan bisa berkurang. Kelebihan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini yaitu data yang ditampilkan merupakan data paling baru dan sesuai dengan waktu ketika Anda membuka aplikasi tersebut. Sebab, aplikasi ini menggunakan sistem cloud computing, yang mana akan membuat informasi menjadi lebih mudah untuk didapatkan.

Dengan adanya sistem tersebut, Anda tidak perlu repot repot untuk menanyakan kepada karyawan lain mengenai data yang paling baru. Hal tersebut tentu saja akan membantu proses bisnis menjadi lebih efisien dan efektif lagi. Ada beberapa kesalahan yang umum dilakukan dalam bisnis, salah satunya yaitu ketidaktelitian ketika sedang melakukan pencatatan keuangan.

Beberapa kekeliruan tersebut seperti adanya data yang ditulis ulang, keliru dalam menulis nama pihak tertentu, dan beberapa kesalahan lain yang terjadi karena adanya human error. Apabila tidak ingin proses bisnis terhambat karena kesalahan yang cukup fatal, maka alangkah lebih baik apabila Anda menggunakan aplikasi komputer akuntansi yang sangat praktis. Aplikasi akuntansi tentu dapat mengatasi semua masalah yang dilakukan oleh human error sehingga data yang dihasilkan pun bisa terbukti benar dan akurat.

Mengelola dan mencatat proses keuangan membutuhkan banyak waktu dan sumber daya manusia yang profesional. Karena itu, terkadang Anda akan menemui pada suatu perusahaan mereka memiliki kurang lebih 2 orang yang diberi tugas utama yaitu untuk mengelola keuangan bisnis dengan benar. Untuk mencari dua pekerja yang ahli dalam akuntansi tentu saja akan membutuhkan biaya yang cukup besar, terlebih apabila perusahaan yang saat ini sedang dijalankan masih kecil dan belum terlalu dikenal seperti perusahaan lain.

Untuk itulah, memilih aplikasi akuntansi keuangan adalah pilihan yang sempurna agar masalah tersebut bisa dihindari. Hanya dengan melakukan penginstalan dan proses tertentu, Anda sudah mampu memasukkan data keuangan dengan tepat. Hal ini tentu saja menjadi lebih efisien dan tidak akan memakan waktu terlalu banyak, selain itu biaya yang harus dikeluarkan untuk mencari sumber daya profesional bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Software akuntansi seringkali digadang gadang sebagai salah satu penemuan teknologi paling ampuh untuk menyelesaikan segala pekerjaan yang memiliki kaitan erat dengan keuangan. Memanfaatkan aplikasi ini akan menghasilkan perasaan yang berbeda dibandingkan dengan melakukan pembukuan secara manual. Anda hanya perlu menginput data data yang sudah ada, lalu secara otomatis software ini akan memproses data tersebut.

Output yang dihasilkan bahkan bisa keluar dalam hitungan detik, sehingga pekerjaan akan selesai dengan lebih cepat. Terakhir, pembukuan yang dihasilkan oleh aplikasi akan tampak lebih rapi dan sesuai dengan kaidah pembukuan. Sebab, aplikasi ini sudah menerapkan konsep modularitas, sehingga pembukuan menjadi jauh lebih rapi dibandingkan dengan biasanya.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan keuntungan memakai aplikasi komputer akuntansi yang bisa diketahui. Salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan untuk dipakai adalah aplikasi Jurnal by Mekari.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.